Jumat, 28 Mei 2010

Persiapan memulai bekerja

Sebelum aku mulai mengerjakan terlebih dahulu tentu saja aku harus memotong kainnya, dan mengobras pinggirannya ( di tukang obras tentunya) agar tidak terbuka saat mengerjakan. Ukuran kain DMC standar lebarnya 110 cm. Oleh karena model yang kukerjakan berukuran 71 cm x 51 cm, maka yang 71 cm kupakai pada lebar kain. Untuk bingkai kutambahkan 8 senti, jadi kainnya kupotong sepanjang 51 + 8 (margin atas) + 8 (margin bawah) = 67 cm.

Ternyata setelah itu aku tidak bisa mulai langsung menusukkan benang ke kain aida pada hari pertama. Waktu mula-mula habis untuk menyortir benang dan memotong benang. Mula-mula aku memotong benang sepanjang 1.2 meter (sekitar 4 putaran gulungan benang DMC). Ternyata untuk pengerjaan di atas kain aida 18 count, itu terlalu panjang. Akhirnya kuputuskan untuk membaginya menjadi dua bagian lagi alias menjadi 60 cm.

Apalagi pada pola ini sebagian benar menggunakan warna blend/campuran (alias dua warna dalam satu tusukan), maka aku harus menyiapkan beberapa warna campuran sebelum mulai mengerjakan, dan ini cukup memakan waktu. Satu jam akhirnya habis untuk membuka gulungan benang, memasukkan ke dalam organizer, memotong benang sepanjang 60 cm, dan menggabungkan dua benang untuk warna campuran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar